Permainan MURAH ala ALAM




Sabtu, 05 November 2016
Kehabisan ide bermain dengan si kecil?
Tenang, Bunda. Berikut umimami rangkumkan beberapa permainan murah ala alam yang akan bikin si kecil ketagihan dan betah memainkannya berlama-lama:


1. AIR

Rasanya hampir tidak ada anak yang menolak jika ditawarkan main air. berbagai permainan sederhana yang murah meriah dapat kita ciptakan dari media air ini, seperti:

  • Berendam dalam sebaskom besar air, sambil bermain bola-bola plastik atau mainan-mainan kecil lainnya.
  • Mewarnai air. Sediakan beberapa wadah kecil yang diisi air biasa, lalu ajak si kecil meneteskan beberapa pewarna makanan dan mengaduknya. Si kecil dapat mengaduk dan mengamati perubahan warnanya.
  • Mencetak air. Sediakan beberapa wadah kecil dengan bentuk berbeda (dapat meminjam cetakan puding Bunda, hehe). Ajak si kecil mengamati berbagai perbedaan bentuk air sesuai bentuk wadah.
  • Mencuci mainan. Ajak si kecil bermain air sambil mencuci mainannya seperti sepeda, mobil-mobilan, ataupun sepatunya. Sedikit tambahan sabun dan spons dijamin akan menambah semangatnya bermain.
  • dan lain-lain.
Intinya, manfaatkan air yang ada di rumah dan pastikan keamanan tempat si kecil bermain air, maka bersiaplah menyaksikan kegembiraan si kecil bermain air! :)



2. PASIR

Nah, mainan yang satu ini juga tak kalah seru lho, Bunda. 
Bagi Bunda yang tinggal di daerah kepulauan, bisa mengambil sekantong pasir pantainya untuk dijadikan stok pasir bersih di rumah. Namun bila tidak memungkinkan, Bunda bisa membeli sekarung kecil pasir di toko bahan bangunan, lalu diayak agar terpisah dari kerikil-kerikil yang tajam untuk tangan si kecil.

Beberapa permainan yang dapat dilakukan dengan media pasir ini antara lain:

  • Mencetak dan menuang pasir. Gunakan beberapa cetakan dari mainan pasir-pasiran, atau dapat juga menggunakan gelas plastik, ember plastik kecil, dan sebagainya. Gunakan apa saja yang ada di rumah.
  • Mewarnai pasir. Pisahkan pasir ke dalam beberapa wadah kecil, lalu mirip seperti mewarnai air, teteskan beberapa pewarna makanan ke pasir, aduk rata. Dan beragam pasir warna pun tersedia! :)
  • Mencari alphabet yang hilang. Timbun beberapa mainan alphabet plastik ke dalam sebaskom kecil pasir, lalu ajaklah si kecil mencari dengan cara menggalinya. Selain mainan alphabet, bisa jgua menggunakan mainan figur hewan, batu bulat, sendok plastik kecil, atau apa saja yang ada di rumah.
  • dan lain-lain


3. LILIN

Jangan kaget dulu dengan jenis permainan yang satu ini.
Api selalu menarik perhatian si kecil. Sambil kita perkenalkan cara melindungi diri dari api, kita bisa mengenalkan padanya tentang sifat api yang panas dan sebagai sumber cahaya.

Nyalakan sebuah lilin. Lalu dengan pendampingan penuh, ajak anak untuk mulai mendekatkan tangannya ke arah lilin, sehingga sensori peraba anak aktif dan ia dapat merasakan hangatnya api dari lilin. 

Selain itu, Ayah Bunda dapat mengajaknya bermain drama bayangan dari tangan. Seru, kan? :)


4. ES BATU

Sesuatu yang dingin selalu menggoda si kecil! :D
Buatkan es batu di cetakan puding ataupun cetakan khusus es batu aneka bentuk. Tambahkan sedikit pewarna makanan agar es batunya berwarna-warni.

Setelah beku, berikan pada si kecil untuk dimainkan secara bebas. Menggenggam, meraba, menjatuhkan, mengoleskannya pada kertas ataupun serbet, adalah contoh permainan yang dapat dilakukan si kecil dengan es batu warna-warni miliknya.

Atau, membuat es batu di wadah yang agak besar dengan menenggelamkan beberapa mainan di dalamnya juga bisa, Bunda. Nanti si kecil dapat diajak untuk mencairkan es batu dengan cara terus mengolesnya dengan kuas, agar mainan-mainan yang tenggelam dalam beku dapat segera keluar. Heem, melatih kesabaran dan ketelatenan si kecil, sambil jemarinya merasakan sensasi dingin. Asyik lho! :D


5. BALON SABUN

Masih berkaitan dengan air, kali ini kita akan mengajak si kecil bermain di halaman rumah, atau bisa juga mengajaknya bermain di halaman masjid dekat rumah.

Sediakan setengah gelas air, campurkan sedikit sabun mandi si kecil, dan aduk rata.
Ambil lidi yang diikatkan karet gelang di ujungnya, atau kawat kecil yang dibulatkan, atau bila si kecil sudah berusia 5 tahun+ dan sudah dapat meniup, bisa menggunakan sedotan.

Laluuu.. ajaklah si kecil membuat balon sabun yang banyak!
It's Fun!

Sambil berlarian kecil juga pastinya seru, Bunda! :D

Nah, Bunda. Ternyata alam menyimpan begitu banyak media permainan sekaligus sumber stimulus yang seru sekali ya, daaaan...pastinya.. MURAH! :D

Selamat bermain dengan si kecil! :)

0 comments:

Posting Komentar

 

TENTANG

Search Artikel

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Kumpulan Emak Blogger

Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member of MBC

Copyright © 2015 • Seribu Langkah Seribu Rasa
Blogger Templates