Bersosialisasi ala Anak Homeschooling




Rabu, 02 Mei 2018
Kasihan & ga bisa bersosialisasi, itulah kata yang paling sering diucapkan karena kami memilih mengikuti permintaan anak kami yang ingin homeschooling. 
Beberapa kali kamipun memastikan & diskusi mengenai pilihannya, dan memberitahu resiko resiko jika memilih HS, mungkin lebih tepatnya menginformasikan ketakutan orang tuanya.

Sosialisasi yang dimaksud sebenarnya apa ya? 
Sosialisasi disini bisa diartikan kemampuan diri sebagai bagian dari sebuah masyarakat seperti kemampuan beradaptasi, berteman, menyampaikan pendapat & berekspresi sesuai dengan akhlak yang baik.

Setiap anak memiliki sifat bawaan yang khas, apakah itu pemalu, ceria, senang menyendiri, senang dikeramaian dan lain lain, baik anak anak yang belajar di sekolah atau belajar diluar sekolah.
Baik anak HS atau pelajar sekolah, hasil stimulasi bisa berbeda tergantung sifat bawaannya. Tetap tenang & yakin, sahabat nabipun beragam sifatnya. Ada Abu Bakar as yang lemah lembut, Utsman bin Affan as yang pemalu, Umar bin Khatab yang pemberani, Ali bin Abi Thalib yang gigih dengan segala keunikan sifatnya mereka bisa menjadi pribadi yang luar biasa.

Tempat untuk berlatih sosialisasi anak HS dibandingkan anak yang sekolah memang lebih terbatas, tetapi bukan berarti ketika anak belum bisa bersosialisasi yang disalahkan adalah HS nya.
Ilmu pengetahuan & ilmu kehidupan itu perlu diupayakan & distimulasi. Begitu juga dengan kemampuan bersosialisasi anak. Yang perlu ditanamkan adalah rasa percaya diri anak yang cukup karena kalau kerendahan jatohnya minder kalau ketinggian jatohnya jadi sombong atau arogan.

Bersosialisasi untuk anak HS bisa dilakukan dengan hal hal simple seperti meminta tolong untuk pergi ke warung, bermain dengan teman teman dilingkungan rumah, menyertakan anak anak kita di playdate atau aktifitas aktifitas rutin atau event dimana ditempat tersebut bisa bertemu banyak orang. Yang paling simpel bisa kita lakukan adalah kita sebagai orang tua memberikan contoh & teladan bersikap sebagai anggota keluarga, masyarakat & bernegara karena anak anak adalah perekam yang ulung.

Kami melihat anak kami yang HS ini, pemalu & bukan tipikal yang suka memulai pembicaraan dan berhaha hihi dengan teman sepantarannya. Ternyata ketika saya tanya guru mengajinya di Kampung Sahabat, anak kami termasuk yang akrab dengan teman temannya, dan itu bikin kami surprise. Anak anak punya caranya sendiri, kita tinggal menstimulasinya. Don't worry ayah bunda 😉

Semoga anak anak kita HS atau bukan bisa tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter akhlak mulia , menjadi khalifah di muka bumi sesuai fitrah yang telah Allah SWT instal



Semangat belajar ✊✊
with 💗 umimami




#homeschooling #homeschoolingindonesia #sekolahrumah
 

TENTANG

Search Artikel

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Kumpulan Emak Blogger

Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member of MBC

Copyright © 2015 • Seribu Langkah Seribu Rasa
Blogger Templates