Ngabuburit di Bogor, Senja di Penghujung Waktu




Sabtu, 11 Mei 2019
Dear teman teman, yang puasa masih lanjut puasanya?
Pasti lanjut ya, baru hari ke enam nih. Semangat masih menggebu gebu, terutama semangat buka ya, hihi

Teman teman, tahu istilah ngabuburit?
Ngabuburit berasal dari bahasa sunda, yang artinya yaitu mengisi waktu dengan berbagai aktivitas sambil menunggu waktu berbuka. Biasanya, dilakukan sore sore sambil menunggu adzan maghrib.

Dulu, waktu saya kecil, kalau ngabuburit dirumah saja. Nonton tivi, baca buku atau main bersama teman teman di lapangan dekat rumah.
Makanan berbuka, cukup makan makanan yang ada di rumah.
Sekarang ini ngabuburit identik dengan kegiatan diluar rumah seperti jalan jalan sore, nongkrong sama teman teman atau berburu jajanan untuk berbuka.



Di Bogor ada daerah yang dikenal dengan nama jalan achmad sobana (dulu namanya jalan bangbarung). Lokasinya di perumahan Bantarjati, salah satu tempat wisata kuliner di Bogor.
Disini ada mesjid besar Ar Rahman. Di sekitar titik inilah banyak penjual makanan untuk berbuka.

Pemandangan rutin setiap sore disini, hanya di bulan puasa.
Menjelang waktu berbuka dimulai setelah ashar, Jalan perumahan selalu menjadi penuh, padat & macet. Penjual jajanan dadakan untuk berbuka penuh dikunjungi pembeli.
Ada beragam menu yang dijual, dari mulai makanan, minuman, sayuran & produk olahan seperti ayam ungkep siap gorengpun ada.



Lihat deretan penjaja makanan memang bikin laper mata, betul? πŸ˜€
Bikin kita pengen beli ini beli itu, pulang pulang bawa banyak menu buka.
Tapi perut kita ada batasnya. Jika memang tidak memasak, beli makanan seperlunya saja.
Jangan lupa berbuka dengan yang manis, kurma bagus bangetπŸ˜‰ Bukan cewek atau cowok manis ya πŸ˜€
Makan secukupnya, kadang kalau lagi lapar, semua jadi terlihat enak, sebaiknya tidak berlebihan.

Puasa, membuat roda ekonomi berputar. Ada yang memang khusus berjualan di bulan ramadhan. Bulan puasa, bulan penuh berkah.
Yang lagi ke bogor atau sekitaran Bogor, coba datang ke sini ya.

Selamat puasa πŸ˜ƒ
Happy ngabuburit teman teman πŸ˜ƒ

3 comments:

  1. Ramai memang sekarang kalo lagi jam ngabuburit dimana mana ya. Kalau saya ke sana, kejauhan Teh. Di Cibinong sini juga ramai nih sekitaran Pemda. Bahkan jalan depan komplek pun ramainyaaaa ampun deh. Kadang bikin malas keluar sih. Enakan diam di rumah trus berbuka pakai apapun yang ada.

    BalasHapus
  2. thn ini, aku bom prnh ngabuburit hahahaha... soalnya kelamaan di kantor mba. jd ga ada wkt utk jalan2 kluar pas jelang buka. pas weekend lbh milih di rumah.

    pdhl thn lalu aku msh nyempetin utk jalan2cari bukaan kalo weekend :D. itu memang kegiatan paling asyik, walopun suka kalap :p

    BalasHapus
  3. Aku jarang banget ngabuburit... Swhari" kl puasa ya mwnjelang sorw justru sibuk dengan persiapan masak masaknya... Kl lg cape or malez yah suami aja yg rajin beli sehabis plg kerja. Lagian bikin macet dan riwehnya itu looh kl sore mwnjelang berbuka

    BalasHapus

 

TENTANG

Search Artikel

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Kumpulan Emak Blogger

Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member of MBC

Copyright © 2015 • Seribu Langkah Seribu Rasa
Blogger Templates