Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Peran Koperasi Di Era Milenial




Sabtu, 02 November 2019
Teman teman ada yang menjadi anggota koperasi ?
Dulu saya pernah menjadi anggota sebuah koperasi, tapi koperasinya berhenti, bubar di tengah jalan. Hal tersebut terjadi karena pengelolaan yang kurang baik. Itu nasib saya bergabung dengan koperasi yang kurang solid.

Lambang Koperasi Indonesia
Gambar dari seeklogo.com

Tidak semua koperasi bubar di tengah jalan. Di Indonesia sendiri ada koperasi yang berhasil sukses berkembang mensejahterakan anggotanya. Salah satunya adalah Koperasi Sidogiri Pekalongan. Koperasi ini memiliki 94 unit usaha tersebar diseluruh Indonesia serta perputaran uang sampai 16 Triliun per tahun.

Teman teman, pernah dengar Ace Hardware ?
Ace Hardware merupakan ritel perkakas rumah tangga. Kalau ke sini bikin lapar mata, hihi. Produknya bagus dan lucu lucu serta memberikan garansi. Ace Hardware ini ternyata koperasi loh, yang akhirnya berkembang menjadi korporasi besar dunia.

Jika dilihat dari artinya, tujuan pembentukan koperasi itu sungguh mulia. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan perseorangan,  dibentuk dengan berazaskan kekeluargaan dan demokrasi ekonomi untuk kepentingan bersama. Keren kan?

Menurut wikipedia Prinsip Koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992 adalah:
🌼 Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
🌼 Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
🌼 Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota
🌼 Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
🌼 Kemandirian
🌼 Pendidikan perkoperasian
🌼 Kerjasama antar koperasi

Jika dilihat dari arti dan prinsipnya, koperasi sejalan dengan ekonomi Pancasila.
Yaitu untuk meningkatkan perekonomian rakyat. Dengan modal bersama dimana kekuasaan tertinggi pada rapat anggota diharapkan koperasi bisa mensejahterakan anggotanya, masyarakat serta memajukan perekonomian nasional.

Koperasi di Indonesia dibangun sejak sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dan terus berkembang sampai saat ini. Melihat perubahan zaman, koperasi pun harus bisa bertransformasi menyesuaikan diri  sehingga bisa tetap berdiri berkembang serta menarik minat generasi milenial bergabung dengan koperasi. Selah satunya dengan menggunakan teknologi yang handal sehingga bisa mempermudah pengelola dan anggota koperasi melakukan pencatatan atas segala jenis transaksi yang terjadi.



Salah satu teknologi digital untuk koperasi adalah coopRASI. Produk coopRASI ini ada  coopRASI core system dan
coopRASI mobile apps, yang keduanya merupakan produk digital berbasis online. CoopRASI ini bisa menjadi sebuah solusi inovasi berupa system teknologi yang bagus dan terjangkau untuk koperasi di Indonesia.

Gambar dari IG Multi Inti Sarana Group


Aplikasi coopRASI memiliki beragam fitur yang memudahkan anggotanya melakukan cek dan transaksi dimana saja dan kapan saja.
Salah satu fiturnya adalah fitur Info Simpanan yang terdiri dari
1. Cek Simpanan Wajib
2. Cek Simpanan Pokok
3. Cek Simpanan Sukarela
4. Cek Simpanan Berjangka



Dalam coopRASI, ada juga fitur Pinjaman yang memungkinkan anggota koperasi mengajukan pinjaman dengan mudah melalui Aplikasi coopRASI. Di dalam aplikasi ini, tersaji simulasi pinjaman yang dapat disesuaikan dengan aturan Koperasi teman teman.
Selain itu tersedia Fitur Transfer yang memungkinkan sesama anggota koperasi melakukan transfer simpanan sukarela.


Adanya beragam fitur coopRASI ini dapat memudahkan para anggota untuk mendapatkan informasi seputar simpanan, pinjaman, transaksi lainnya, dan juga dapat melakukan voting pada Rapat Anggota Tahunan (RAT). Jadi jika ada keperluan dengan koperasi tidak perlu datang ke kantornya, cukup buka apikasinya, klak klik pilih menu, beres deh.

Dengan  adanya aplikasi coopRASI yang pas dengan sistem koperasi, diharapkan koperasi koperasi di Indonesia bisa menjadi bagian dari organisasi ekonomi yang bisa tumbuh berkembang di era digital ini.

Teman teman tertarik dengan aplikasi coopRASI ini?
Bisa menghubungi Sistim Digital Transaksi Indonesia (SDTI) .
Email: greet@multiinti.com
Telepon: 021 5296 0425, 5296 0457
Fax: 021 5296 0449
Whatsapp 0812 1122 3302



1 comments:

 

TENTANG

Search Artikel

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Kumpulan Emak Blogger

Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member of MBC

Copyright © 2015 • Seribu Langkah Seribu Rasa
Blogger Templates