Bangun Rumah Sakit dari Uang Wakaf Rp 15.000




Senin, 02 Desember 2019
Dear teman,
Hari Jumat lalu, saya berkesempatan mengikuti kegiatan Dompet Dhuafa di Zona Madina yang berada di atas tanah wakaf 8.5 hektar. Disini ada Rumah Sakit Dompet Dhuafa yang bernama Rumah Sehat Terpadu yang letaknya di Parung.
Rumah sakit ini berawal dari uang wakaf Rp 15.000.

Rp 15.000 bisa bangun Rumah Sakit 

Bisakah?
Yup , uang yang kita anggap kecil ternyata bisa bernilai luar biasa dan bermanfaat bagi orang banyak. Uang wakaf 15.000 dari tiap orang tiap bulannya, jika dikumpulkan akan menjadi banyak dan bernilai milyaran. Begitulah awal mula Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa berdiri.
Benarlah adanya pepatah sedikit sedikit lama lama menjadi bukit.

Acara di RS Dompet Dhuafa di Parung ini terdiri dari talk show, tour sekolah SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa, tour rumah sakit dan terakhir mengunjungi salah satu binaan dompet dhuafa yang bergerak dalam beternak ikan hias & ikan konsumsi.



Talk Show Cegah Kanker Payudara Sedari Dini

Talk show mengenai cegah kanker payudara sedari dini membuka mata saya bahwa kanker payudara bisa terjadi pada laki laki dan perempuan. Nah siapa yang baru tahu juga kaya saya?



Kanker sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Pencegahannya bisa dilakukan dengan hidup sehat. Yaitu makan makanan bergizi, tenang tidak mudah stress dan melakukan pengecekan berkala.

Bagi yang memiliki orang tua atau nenek menderita kanker, harus dilakukan pengecekan.
Karena jika kankernya jenis Her 2 positif kemungkiban besar 50%-70% pasti diturunkan baik pada laki laki ataupun perempuan.

Di Indonesia, baru sekitar 8% dari jumlah penduduk yang melakukan cek kanker payudara. Sedikit sekali ya, sayapun belum pernah cek. Padahal jika diketahui sejak dini maka oenanganannya akan lebih cepat dan kemungkinan sembuhnya besar.

Kita bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri yang dikenal dengan istilah SADARI (Periksa Payudara Sendiri), yang terdiri dari

1. Berdiri tegak
Cermati bila ada perubahan bentuk dan permukaan kulit payudara, pembengkakan dan atau perubahan pada puting.
Jangan khawatir jika bentuk payudara kanan & kiri tidak simetris.

2. Angkat kedua lengan keatas, tekuk siku dan posisikan tangan dibelakang kepala. Dorong siku ke depan dan cermati payudara, dan dorong siku ke belakang dan cermati bentuk maupun ukurannya. Otot dada dengan sendirinya berkontraksi saat melakukan gerakan ini.

3. Dengan menggunakan ujung jari tangan kanan, raba dan tekan area payudara, serta cermati seluruh bagian payudara kiri hingga ke area ketiak. Lakukan gerakan atas bawah (A), gersjan lingkaran (B), dan gerakan lurus (C) dari arah tepi payudara ke puting dan sebaliknya. Ulangi gerakan yang sama pada payudara kanan

4. Cubit kedua puting. Cermati bila ada cairan yang keluar dari puting.

5. Pada posisi tiduran, letakkan vantal dibawah pundak kanan. Angkat lengan keatas. Cermati payudara kanan dan lakukan tiga pola gerakan seperti sebelumnya.

Waktu yang tepat untuk memeriksa payudara adalah 7-10 hari setelah menstruasi. Rentang waktu ini dibuat bukan tanpa alasan. Kondisi payudara pada masa ini masih dalam keadaan normal.
Jika terasa ada yang berbeda seperti benjolan atau ada cairan yang keluar dari puting segera konsultasikan ke dokter.

Untuk pencegahan kanker, dompet dhuafa memiliki beberapa program. Diantaranya
1.  Jaring kesehatan ibu dan anak
Diberikan pada ibu hamil dan anak sampai 5 tahun
2. Pos sehat melalui Pospinda
Yaitu pos pembinaan terpadu tidak menular. Salah satunya melakukan pembinaan pada anak smp & sma.
Dompet dhuafa saat ini telah memiliki 73 pos sehat.
3. Run charity for cancer

Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Yayasan Muda Giat Indonesia (YMGI) dan komunitas Srikandi, yaitu komunitas penyintas kanker payudara melakukan kerjasama untuk semakin tersebarnya informasi mengenai kanker payudara dan pencegahannya,

Pada hari Jumat 29 Nopember 2019 dilakukan penandatanganan MoU antara Dompet Dhuafa dengan Yayasan Muda Giat Peduli Indonesia (YMGPI) untuk wakaf alat kesehatan Mammogram. Alat pendeteksi kanker tersebut akan disebar ke seluruh jaringan kesehatan Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia. Dengan begitu, antisipasi dini terhadap kanker dapat dinikmati oleh masyarakat dhuafa sekalipun.

Penandatanganan MOU Dompet Dhuafa dan YMGPI


Tour Sekolah SMART Ekselensia Indonesia Dompet Dhuafa

Sekolah ini didirikan oleh Dompet Dhuafa bagi teman teman kita di seluruh Indonesia setelah seleksi ketat. Setiap tahunnya hanya menerima 40 siswa laki laki. Sekolah disini belajar menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa indonesia, inggris dan arab.

SMART Ekselensia Indonesia merupakan sekolah menengah jenjang SMP dan SMA bebas biaya dan berasrama dengan program percepatan sistem kredit semester (SKS) dan pendidikan kepemimpinan yang diperuntukan bagi anak-anak dhuafa pilihan dari seluruh Indonesia.
Diharapkan setelah keluar dari sini bisa melanjutkan perguruan tinggi, kemudian bekerja sesuai keahlian atau berwira usaha. Dengan demikian diharapkan bisa mengangkat ekonomi keluarga serta dapat berwakaf di Dompet Dhuafa.

Ngobrol dengan murid muridnya, mereka semuanya senang sekolah disini. Datang dari beragam suku dengan beragam kebiasaan yang berbeda membuat mereka belajar banyak hal. Suasana yang nyaman dengan fasilitas belajar yang lengkap membuat mereka semangat belajar.
Semoga cita cita teman teman semuanya terkabul.

Prestasi Siswa 


Tour RS Rumah Sehat Terpadu

Ketika memasuki selasar selasar ruangan rumah sakit, rasamya nyaman. Rumah sakitnya bersih, fasilitas ruangan yang baik serta tenaga medis yang ramah membawa aura yang menyenangkan bagi pasien.
Selain ruang periksa dan ruang perawatan, ada juga space untuk bermain anak.
Diluar ruangan RS ada mesjid yang cukup besar tempat untuk shalat.

Ruang Pemeriksaan Anak

Rumah Sakit Rumah Sehat Terpadu yang ada di Zona Madina Parung memberikan pelayanan terbaik bagi pasiennya serta tanpa bayaran alias gratis.  Diresmikan pada tahun Juli 2012, dengan menjunjung tinggi nilai kemanusian, profesional dan ibadah, sampai saat ini terus berusaha memberikan layanan terbaik bagi pasien pasiennya.

Tempat Bermain Anak di Ruang Tunggu RS


Tour Peternakan Ikan

Selain digunakan untuk bidang kesehatan, Dompet Dhuafa menggunakan uang wakaf untuk peningkatan ekonomi masyarakat.
Salah satunya adalah peternak ikan hias dan konsumsi yang berlokasi di Jampang.

Peternakan Ikan di Situ Jampang

Jampang merupakan penghasil ikan hias terbesar di Indonesia. Ikan hias ini untuk lokal dan ada juga untuk eksport

Selain peternakan, ada juga pembinaan pertanian. Produknya ada sayuran organik dll.

Produk Pertanian Binaan Dompet Dhuafa 


Dengan wakaf bersama dompet dhuafa memberikan banyak kebahagiaan bagi yang lain. Besarnya bisa mulai dari Rp 10.000 atau 15.000. Dengan pengelolaan yang profesional uang wakaf yang kita berikan berubah menjadi aset aset bernilai ekonomi tinggi dan banyak menebar manfaat bagi lingkungan dan bangsa.

Yuks teman, kamu kapan ikutan wakaf ?
Bahagianya bareng bareng 😉


25 comments:

  1. kalau dompet dhuafa nih udh g diragukan lagi kiprahnya y mb alf untuk organisasi nirlaba. sudah banyak program dompet dhuafa yg dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. semoga makin sukses dompet dhuafa dengan program2nya!

    BalasHapus
  2. Dompet Dhuafa keren sangaaaatt!
    Wakaf memang bisa dilakukan SIAPA SAJA dgn nominal uang BERAPAPUN ya
    Semoga ALLAH ridho dgn semua amal ibadah kita

    BalasHapus
  3. Kalau niat bantu seberapapun pasti berguna ya, untuk wakaf 15 ribu memang kecil tapi Insya Allah jka dikumpulkan dengan yang lain bermanfaat banget. Dengan nominal yang kecil justru orang terpicu ya untuk tidak menunda wakaf

    BalasHapus
  4. MasyAllah nggak nyangka ya Mba. Cuma dari mulai wakaf 15000 bisa diriin rumah sakit. Aku selalu suka mba, dengan program-program dompet dhuafa ini. Soalnya sosial banget, amal dan dunia akherat. Semoga dompet dhuafa ini sukses dan terus berkembang. Soalnya tujuan mereka mulia sekali

    BalasHapus
  5. dari wakaf 15 ribu bisa banyak membantu umat ya, mashaAllah. semoga program dari dompet duafa ini terus sukses ya

    BalasHapus
  6. Program-program Dompet dhuafa bagus-bagus ya. Buat sebagian orang 15 ribu mungkin sedikit, tapi buat sebagian lainnya bisa berarti banget :)

    BalasHapus
  7. Makin banyak cara untuk berbuat kebaikan. Mudah pisaaaan (widyantiyuliandari)

    BalasHapus
  8. Dulu, saya memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang wakaf. Saya pikir yang bisa wakaf hanya yang punya uang banyak. Karena wakaf kan biasanya berupa bangunan atau tanah.

    Ternyata, dengan uang seadanya yang kita punya pun bisa wakaf. Masya Allah, ternyata untuk beramal jariyah bukan sesuatu yang sulit, ya

    BalasHapus
  9. Saya kalau inget breast cancer tuh jadi inget ibu saya. Makanya saya pun mau ikutan program tabung wakaf dompet dhuafa. Saya mau org2 yang sakit kanker macam ibu saya bisa terobati dgn bantuan wakaf.

    BalasHapus
  10. wakaf memang berpotensi untuk memberi kontribusi besar ke masyarakat ya mba..semoga makin banyak yang ikut dan berbagi

    BalasHapus
  11. Ternyata utk berwakaf gak harus punya yang banyak dulu ya akupun udah pernah k DD mba... menyaksikan sesniri wakaf produktif apt apa

    BalasHapus
  12. Dompet dhuafa memang sangat terpecaya sekali untuk mempercayakan wakaf bahkan ternyata wakaf gak harus menyisihkan banyak uang dulu ya... Bisa semampunya kita

    BalasHapus
  13. Sekarang kita semakin dimudahkan untuk beramal ya. Kini dengan 15.000 rupiah saja kita sudah bisa berwakaf

    BalasHapus
  14. Tertarik nih, uang wakaf bisa buat bangun mesjid? Dulu taunya kalau wakaf ya tanah, dan benda yang besar mahal gitu

    BalasHapus
  15. Semoga saja segera terbangun rumah sakitnya agar masyarakat yang kurang mampu dapat menikmati pelayanan kesehatan yang murah atau bahkan gratis.

    BalasHapus
  16. Kekuatan dari kegotongroyongan ya mb...sedikit-sedikit tapi dari banyak orang akhirnya bisa diberdayakan. Suka saya dengan sistem ini. Kita yang ingin berbuat baik juga dimudahkan manfaatnya juga besar..

    BalasHapus
  17. Wah aku juga beberapa bulan yang lalu berkesempatan untuk datang ke Zona Madina nya Dompet Dhuafa..

    Aku sempet kaget banget dengan segala fasilitas dan usaha yang ada disana, dan dengan pengalaman kami ketika berkunjung kesana, kami (blogger) bertekat untuk menyisihkan sedikit penghasilan kita untuk berwakaf

    BalasHapus
  18. Dompet dhuafa emang kereeen. Dari dulu aku liat programnya keceh2. Kapan lagi bs ikutan bangun RS dg 15000 ya. KEREN lah sistemnya..

    BalasHapus
  19. Semoga semakin banyak program dompet dhuafa maupun lembaga amal lainnya yang memberi bentuk langsung ke tengah masyarakat seperti program ikutan bangun RS dengan Rp15.000 ini.

    BalasHapus
  20. Bagus banget program Dompet Dhuafa ini ya jadi masyarakat kecil juga bisa merasakan fasilitas serta pelayanan kesehatan dan pendidikan lebih merata..

    BalasHapus
  21. Tidak sulit ya ternyata berwakaf melalui Dompet Dhuafa. Meskipun sedikit yang kita wakafkan, Insya Allah penuh manfaat ya

    BalasHapus
  22. MasyaAllah banyak banget ya proyek Dompet Dhuafa buat masyarakat :D
    Temenku ada yang lahiran di RSnya tuh dan emang katanya pelayanannya baik dan biaya terjangkau. Wakaf emang mudah ya gak perlu nunggu kita kaya dulu bisa jg wakaf RS via DD :D

    BalasHapus
  23. wakaf udah lebih dekat dan familiar dilakukan untuk menambah pahala di dunia ya.. salah satu penggerak wakaf yang selalu istiqomah ya Dompet Dhuafa ini

    BalasHapus
  24. Wah aku baru tahu nih program 15000 bisa berwakaf selalu suka sama dompet dhuafa programnya mantap semua yah

    BalasHapus
  25. Keren banget sih dengan uang segitu bisa bantu program rumah sakit untuk bantu mereka yang membutuhkan. Kesannya nggak seberapa. Tapi kalau itu didapat dari banyak orang, pasti bakal bisa direalisasikan :D

    BalasHapus

 

TENTANG

Search Artikel

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Kumpulan Emak Blogger

Mom Blogger Community

Mom Blogger Community
Member of MBC

Copyright © 2015 • Seribu Langkah Seribu Rasa
Blogger Templates